Nila Merah Larasati

Posted on November 27, 2011

10


Ikan nila merah adalah salah satu ikan komoditas unggulan di sektor perikanan. Keunggulannya hampir sama dengan ikan nila hitam, yaitu mudah dibudidaya, mudah diproduksi secara masal, daging tebal, cepat tumbuh, respon baik terhadap pakan dan lebih tahan terhadap penyakit. Namun nila merah cenderung lebih menarik karena warnanya yang mencolok dan mirip dengan ikan kakap yang merupakan idola dari laut. Tidak sedikit kita jumpai di rumah makan-rumah makan, yang di daftar menu menuliskan gulai kepala ikan kakap namun sebenarnya adalah kepala ikan nila merah, tapi jangan merasa tertipu, toh harganya juga ngikut nila merah, bukan ngikut harga ikan kakap.

Dinas kelautan dan perikanan prov. Jawa Tengah melalui satuan kerja perbenihan dan budidaya ikan air tawar, Janti, Klaten, telah melakukan serangkaian kegiatan untuk perbaikan kualitas benioh ikan nila merah sejak tahun 2004 dan menghasilkan nila merah hibrida sebagai benih sebar pada tahun 2009 yang diberi nama LARASATI (Nila Merah Strain Janti). Pelepasan nila Larasati ini dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI saat itu, Fadel Mohamad, dengan kepmen No. 79/MEN/2009.

Nila Larasati keluaran tahun 2009, merupakan hasil persilangan Nila Hitam F3 Strain Gift (betina) dengan Nila Albino F3 Strain singapura (Jantan). Saat ini, di tahun 2011, proses pemuliaan nila merah telah menghasilkan induk betina hitam F5 dan induk jantan albino F5 yang disebut Kunti dan Pandu, untuk menghasilkan benih sebar Larasati F5.

Baru-baru ini Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jawa Tengah telah melakukan pembagian induk Pandu dan Kunti kepada beberapa kabupaten dan kota se Jawa Tengah, agar kabupaten dan kota se jawa tengah dapat memproduksi ikan nila merah larasati.

So, kalau anda ingin mendapatkan benih sebar ikan nila merah larasati, atau sekedar informasinya, hubungi Balai Benih Ikan di Kab/kota di jawa tengah, atau langsung saja ke smubernya, yaitu SATKER PBIAT Janti, Klaten.

Coba Merah, Meriah euy….

Posted in: Ikan