Beji, Kedungbanteng, Kab. Banyumas, Surganya Gurame/Gurami

Posted on November 29, 2011

0


Aku menuliskan judul Beji, Kedungbanteng, Kab, Banyumas sebagai surganya gurame, tidak lain tidak bukan, karena di beji dan sekitarnya merupakan daerah pembenihan ikan gurame, alias di daerah itulah gurame ramai-ramai kawin, hehehehe.

Mungkin tidak berlebihan aku tuliskan seperti itu, karena tiap harinya, dari daerah beji dan sekitarnya, telur ikan gurame yang keluar mencapai bilangan ratusan ribu bahkan kalau lagi musim puncaknya bisa mencapai angka jutaan.

Desa Beji, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas, terletak di sebelah utara kota Purwokerto (Ibukota Banyumas). Atau kalau anda tahu kec. Baturaden, Beji itu terletak di sebelah baratnya, dan bersebelahan langsung.

Hampir tiap hari, tengkulak dari Tulungagung, Kediri, Pasuruan, Jogjakarta dsb membeli telur gurame di beji untuk dijual lagi di daerahnya. kadang peredarannya juga sampai Tasik, Lampung dan Kalimantan.

Anda bisa menghitung sendiri kira-kira berapa populasi induk gurami di beji. 1 ekor induk betina bertelur kira-kira 4.000 butir dalam sekali pemijahan. induk betina bisa bertelur 3 x dalam setahun dan induk gurame berpasangan 1:4, 1 jantan 4 betina, hasilnya silahkan hitung sendiri.

Coba anda Googling dan tuliskan “telur, gurami/gurame, beji” dan search, anda akan mendapatkan 5.630 hasil pencarian google. Bilangan yang cukup signifikan ketika sebagian orang menganggap hal ini adalah sesuatu yang remeh.

Kehebatan beji dalam memproduksi telur gurami membuat Kementrian Kelautan dan Perikanan RI menetapkan Desa ini sebagai kawasan MINAPOLITAN, yaitu suatu kawasan  yang berbasis perikanan. Untuk arti minapolitan silahkan anda googling sendiri yah…

Kalau anda butuh telur gurami, silahkan hub emailku: dhimasblack@ymail.com, atau facebook: j1a000020@yahoo.com, harga mengikuti pasar, dalam kisaran Rp. 25 – Rp. 35 per butir. Konsultasi gratis via email.

cayooo

Posted in: Ikan