Tidak mudah jadi pengemis

Posted on Juli 2, 2012

0


Pengemis adalah suatu profesi untuk mencari nafkah dengan cara meminta kepada orang lain. Bedanya dengan pemalak adalah kalau pemalak meminta sambil memaksa bahkan mengancam, sedangkan pengemis dengan memelas meskipun kadang setengah memaksa.
Pengemis sudah menjadi bagian dari peradaban manusia sejak berabad-abad silam dan selalu berada pada kasta/strata terendah dalam kehidupan sosial. Pemerintah bahkan menganggap kegiatan mengemis sbg penyakit masyarakat.
Pendapat sebagian besar masyarakat menganggap bahwa mengemis merupakan pekerjaan orang malas, tidak mau berusaha dan seabreg predikat jelek lainnya. Di sini aku berusaha memandang pengemis dari sudut pandang lain yg akan aku ulas secara singkat padat dan ngawur, hehehe…

1. Kuat Mental : untuk menjadi pengemis harus kuat mental, minimal dia harus berani malu, apalagi kalu ketemu orang yang dikenal. coba anda bayangkan kalau anda di posisi dia, kuat tidak mental anda untuk menanggung malu?

2. Kuat fisik : pengemis juga harus kuat fisik, kenapa? seorang pengemis jalan raya harus kuat berpanas-panasan atau kehujanan dalam waktu lama (minimal sehari). Kalau pengemis yang dor to dor, dia harus kuat jalan jauh kaya infanteri. Pengemis juga harus tahan debu dan asap kendaraan.

3. Jiwa seni : Pengemis harus punya jiwa seni dan kreatifitas, terutama di bidang seni peran. Mereka harus pandai acting memelas, cacat, lemah dsb. Disamping itu perlu inofasi juga untuk pura-pura cacat, luka-luka agar terlihat alami.

4. Etos kerja : Pengemis harus punya etos kerja yang tinggi, kalau tidak disiplin waktu, dia bisa ketinggalan moment, terutama saat2 banyak calon dermawan yang lewat. Kalau terlambat datang dia juga bisa kehilangan lahan karena diambil pengemis lain.

5. Sigap : Pengemis juga harus sigap, ketika ada razia pengemis, dia harus segera kabur, kalau telat bisa ketangkap deh.

Itulah beberapa hal mengenai kelebihan pengemis yang mungkin tidak kita miliki. Jadi jangan menghina sama profesi mereka ya… kalau ketemu cobalah sisihkan sedikit rezeki kita untuk mereka.

Salam.

Posted in: Umum