Revolusi dalam Belajar Bahasa Inggris

Posted on Januari 1, 2013

0


ebook-gratisA. Bahasa Adalah Alat

Bahasa hanyalah sebuah alat. Ya itu saja, bahasa digunakan oleh kita untuk menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan. Mungkin kita bisa menggunakan isyarat sederhana untuk menyampaikan “aku cinta kamu”, tapi bagaimana caranya kita menyampaikan “aku suka sama teman sepupu kamu yang wajahnya jerawatan”, tanpa menggunakan bahasa..??? hehehe sulit kan? Begitu pula ketika anda mempelajari bahasa Inggris, anda mempelajarinya hanyalah untuk bisa menggunakannya sebagai alat untuk menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan dalam bahasa Inggris.

B. Bahasa adalah skill

Bahasa adalah sebuah skill atau keterampilan, bukan pengetahuan. Keterampilan dan pengetahuan tentunya berbeda, keterampilan bisa anda kuasai apabila anda banyak berlatih, contoh berenang, bersepeda, menyetir dan sebagainya. Sedangkan pengetahuan dapat anda miliki hanya dengan membaca, atau melihat sebuah fenomena. Jadi kalau anda hanya mempelajari bahasa hanya dengan membaca, atau diajari rumus2 grammar (seperti yang anda alami di sekolah) tanpa mempraktekannya, tentu anda tidak akan cepat menguasai dan bisa membuat frustasi. Apa itu terjadi pada anda?

Untuk menguasai keterampilan, dalam hal ini bahasa, anda tidak perlu cerdas, karena orang gila di London pun bisa berbahasa inggris meskipun memakai baju saja mereka kesulitan. Anda bisa mempelajari bahasa Indonesia sedari kecil tanpa memperhatikan imbuhan (awalan, sisipan dan akhiran), tanpa tahu subjek, predikat dan objek. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Inggris pun seharusnya demikian, anda tidak harus belajar grammar dulu, grammar akan mengikuti skill berbahasa anda secara alami, tanpa dipusingkan dengan rumus2. Banyangkan kalau anda belajar mengendarai sepeda tanpa prakek, tapi hanya dengan mempelajari teorinya. Mungkin anda akan pandai (bagi anda yang cerdas) secara teori tentunya, tapi tidak bisa mempraktekannya. Pandangan anda harus lurus ke depan, keseimbangan dipertahankan dan mengayuh pedal sepeda dengan kekuatan sekian Joule, sehingga mendapatkan putaran sekia RPM….. dsb, dsb mumet lah.

C. Bagaimana caranya menguasai bahasa Inggris?

Skill berbahasa terbagi menjadi 4, yaitu listening (mendengar), reading (membaca), speaking (bicara) dan writing (menulis). Oleh karena itu, anda harus mempraktekan semuanya agar bisa menguasainya. Misalnya untuk listening, telinga anda harus terbiasa dengan suara2 orang yang berbicara dalam bahasa inggris, contoh film, music dll. Reading-pun demikian, anda harus rajin membaca bacaan-bacaan dalam bahasa Inggris, seperi novel, komik dsb. Tipsnya, usahakan anda melakukannya dengan hati gembira, seperti misalnya mendengarkan lagu2 bahasa Inggris yang anda suka, atau membaca komik2 yang anda suka. Secara lengkap rahasia mengenai cara menguasai bahasa inggris tanpa grammar ada di ebook RAHASIA MENGUASAI BAHASA INGGRIS TANPA GRAMMAR. Silahkan download DI SINI 100% Gratis.

D. Apakah anda perlu panduan?

Jawabannya bisa iya bisa tidak. Seperti ketika anda belajar bersepeda, tentu anda bisa melakukannya sendiri, tapi hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih cepat apabila anda mempunyai pendamping. Jadi anda memang harus kursus apabila ingin cepat menguasai bahasa Inggris. Tapi ingat, anda harus pandai-pandai memilih tempat kursus. Pilihlah tempat kursus yang benar-benar focus pada percakapan, bukan berorientasi pada grammar seperti pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Anda tidak punya waktu/sibuk? Tidak masalah, saat ini banyak web yang menawarkan kursus bahasa inggris secara online. Anda bisa mendapat panduan menggunakan ebook dan mp3, sehingga anda bisa belajar kapan saja, hanya berbekal file pdf di computer (atau cetak) dan mendengarkan panduan melalui mp3 player. Tapi sekali lagi, anda juga harus pandai-pandai memilih.

Ada satu tempat kursus yang saya rekomendasikan kepada anda, anda bisa klik DI SINI. Di tempat kursus ini anda akan melihat perbedaannya dengan tempat kursus lain, anda mendapat panduan lengkap dan konsultasi gratis melalui social media atau telphon. Silabusnya pun keren abis, ini bisa menjadi sebuah lompatan besar dalam usaha anda mempelajari bahasa Inggris. Kalau anda belum yakin, anda bisa download materi pembelajaran 1-5 secara GRATIS DI SINI. Anda tinggal masukan email anda, download materinya dan selanjutnya terserah anda.

E. Apakah anda butuh partner?

Tentu saja. Kita akan jauh lebih baik mempraktekan bahasa Inggris apabila kita punya partner. DI SINI anda bisa menemukan banyak partner untuk berlatih, mereka adalah sesama anggota yang sedang belajar bahasa Inggris seperti anda.

Keputusan ada di tangan anda, tapi kalau boleh saya sarankan, cobalah download dulu ebook RAHASIA MENGUASAI BAHASA INGGRIS TANPA GRAMMAR, GRATIS DI SINI dan materi pembelajaran 1-5 GRATIS DI SINI, setelah itu baca dan pelajari. Kalau anda merasakan manfaatnya silahkan lanjutkan. Kalau tidak, silahkan tinggalkan.

Posted in: Umum